Aku dan Mereka :D

Aku dan Mereka :D

Jumat, 10 Desember 2010

Ayah...

LiLi..Panggilan sayang dari dia buat gwe...
Ayah...begitu gwe memanggilnya...

Tiap Jam setengah 5 subuh ayah pasti bangunin gwe buat sholat subuh,kalo gak bangun dipukul pantatnya ntar..begitu ancamannya :)

Ayah gak akan pergi kerja atau pergi tidur lagi sebelum gwe berangkat sekolah..
Ayah akan nunggu di depan pager rumah begitu sore menjelang..karena dia tahu anak perempuan satu2nya akan segera pulang dari sekolah..

Begitu Adzan berkumandang,ayah pasti ngingetin gwe buat sholat baik langsung ataupun lewat telephone..
Tiap sore kami selalu main kuda2an b2..gwe ngerasa kaya yang paling disayang karena terlahir jadi anak perempuan satu2nya di rumah,secara yang 3 lagi para pejantan2!!

Tiap Abis Maghrib Ayah selalu ngajarin mengaji..dan setelah itu udah pasti wejangan2 dan harapan2 keluar dari mulut ayah..
Satu yang selalu gwe inget..ayah selalu pengen gwe sekolah pesantren di Gontor...Ayah mau anaknya jadi ustadzah katanya...Niat yang mulia dari Ayah.

Suatu Pagi Ayah minta tolong setrikain Celana bahan kesayangannya buat dia pakai hari itu..karna hari itu hari minggu gwe ga sekolah dan kegiatan cuma ada latihan Taekwondo...
sebelum gwe pergi gwe pamit ama ayah yg masih tiduran di kasurnya..gwe kelitik telapak kakinya karena ayah pura2 tidur lelap...

Ada yang aneh pagi itu..ayah ngasih uang jajan lebih banyak dari biasanya..Seneng bener nerimanya..
Jam 1 siang sepulangnya dari latihan di tengah jalan ada anak kecil nanya..'Uni..ayahnya sakit apa??kok meninggal sih??'

Ibarat petir di siang hari (kalo kata lagu dangdut mah) lutut lemesss selemes2nya...tapi gwe coba ngomong ama diri sendiri kalo anak kecil itu bohong..
Gwe bingung setengah mati dan perjalanan menuju rumah jadi nakutin buat gwe..

Body Decker yang gwe bawa serasa udah mau lepas dr tangan gwe...Begitu udah deket rumah ada segerombolan temen2 abang gwe yg lg ngumpul..dan mereka teriak..'Lia..Sabar yah....yang kuat yah'

Ternyata bener semuanya??

Sampai depan gang rumah gwe udah ga bisa nahan sedih lagi karena bendera kuning udah terpasang di situ,dan akhirnya body decker itu lepas dr tangan gwe.Secara Gak sadar gwe pun ikut jatuh sambil nangis.

Didalam rumah gwe ga liat jenazah ayah karena katanya masih ada di Rumah Sakit..Gwe tanya kenapa ayah meninggal??Ayah kena serangan jantung Di atas kereta api!!Gwe makin nangis karna gwe tahu ayah pasti sendirian di kereta dan biasanya emang gwe yang kemana2 nemenin ayah..Semenjak Ayah sakit gwe yang selalu ayah bawa buat nemenin dia chek up,tp gwe ga pernah tahu apa penyakitnya..

Seketika Rumah Ramai sama sanak saudara dan teman2 yg datang buat berbela sungkawa...
Jam 4 sore Jenazah ayah datang dan dengan sok tegar gwe diri paling depan buat nyambut ayah...Begitu Jenazah ayah lewat kain putih yang nutupin dia agak terselingkap sedikit di bagian kaki,dan gwe makin ga kuat nahan sedih karna gwe liat ayah pakai celana yang baru td pagi gwe setrikain...

Abis ayah di kuburin,6 hari kedepan gwe ga nafsu makan dan cuma pengen pake baju yg warnanya item muluu..Di hari ke 6 abang gwe minta gwe ganti baju dgn warna lain..saat kita ngobrol ttg baju tiba2 dia inget kalo sebenernya kami dikasih firasat sehari sebelum ayah pergi..
Abang gwe punya kemeja hitam yg agak besar,dan gwe selalu berusaha buat minjem kemeja dia itu karena temen gwe bilang gwe cantik kalo pake itu ..tapi dia jarang ngasih..sehari sebelum ayah pergi tiba2 dia nawarin buat minjemin baju itu dan memang agak aneh sih dengernya..Tumben benerrr....

Itu cerita 13 tahunan yang lalu...
Sekarang gwe udah gede dan Yang selalu bikin gwe sedih yang namanya Gontor ga pernah gwe injek sekalipun..

Udah ga punya Ayah pun gwe ingetnya kadang2..
Semua ajaran ayah ttg sholat dan ngaji sering banget gwe lupain...

Anak macam apa ini namanya??Kalo lg Kangen mau liat fotonya pun gwe ga punya...

Kalo lagi ngelakuin yang aneh2 kadang suka malu dan takut kalo ayah ngeliatin dari atas sana..
Satu Kesamaan ayah dan gwe..Kita sama2 suka baju dengan motif garis-garis...

Apa Rasanya ntar nikah tapi ayah ga ada di samping gwe...

Semoga Ayah tetap bangga punya anak kaya gwe,karena usaha gwe keras banget buat bikin ayah bangga meskipun sometimes gwe nakal :)


Ps1 : Buat yang masih punya ayah,papah,bapa,papam,papih dijaga dan di hormatin yah..karena kalo udah ga ada baru berasaaaa sedihnya!!

Ps2 : Notes ini bukan buat ngasitau kalo gwe ga menghargai IBU..cuma ingin berbagi kenangan ttg Ayah yang udah lama pergi dan tiba2 teringat lagi begitu sosok mukanya hadir tadi malam di mimpi indah gwe :)

Susahnya Bersyukur...

Alhamdulillah....Bisakah kuhitung berapa kali dalam sehari kata itu kusebut dengan hatiku?? Tidak!! karena terkadang sekalipun jarang kusebut..Begitu Kerjaan datang,baru 'Alhamdulillah', begitu sepi kerjaan bisanya cuma ngomel2 Gak karuan..

Perlahan2 kulihat sekeliling ruangan Kamar..Dipojok ruangan ada berbagai macam sepatu dan sendal yang dari Merk-nya aja ga pernah kepikiran buat belinya, sekarang..1 merk sendal dengan harga kisaran 1 kambing bisa kumiliki 1-3 macam..tapi pernahkah ku bilang Alhamdulillah?? 'Nggak'!! Selalu cuma nyengir senang karena udah bisa ngoleksi barang2 itu.

Kubuka Lemari Bajuku, Ya ampuun....Lemari aja kayanya udah muak karena udah ga ada rongga lagi buat dia bernafas..Tapi, Pernahkah kubilang Alhamdulillah melihat berbagai macam jenis baju dan celana yang bisa kukoleksi di Lemari itu??' Nggak'!!

Cobaan datangnya banyak, tapi perginya cuma sebentar...kusebut Astagfirullah, bahkan sampai nangis2 minta Ampuun sama Allah, begitu si cobaan pergi..pernahkah ku sebut Alhamdulillah?? ' Nggak juga'!!

Begimana mau disayang sama Sang Pencipta kalau untuk menghadap-NYA pun gwe udah Sombong..Bisanya cuma Meminta, meminta dan meminta!!! Sesulit itukah untuk menjadi seorang umat yang baik?? gwe rasa nggak!! Terus..Apakah harus selalu menunggu dengan yang disebut 'Hidayah' baru bisa inget terus sama Allah?
Kewajiban sebagai umat sebenarnya sangat simple, Gak susah sama sekali, Rasa Malas yang berlebihan membuat gwe jadi umat yang kadang inget kadang kagak ama DIA.

Suatu hari gak tahu kenapa, ditengah2 asiknya lg leyah leyeh, Adzan dzuhur berkumandang, Sontak gw ambil wudhu dan shalat, dan itu berkelanjutan terus sampai Isya..begitu selesai Isya, gw pergi ke wc dan ga sengaja mata ngeliat ke tumpukan buku,di barisan paling depan buku ada AL-Qur'an yang sebulan lalu baru gw beli..Dalam hati iseng2 ah baca ( udah lumayan lama ga baca AL-QUR'AN ). Tadinya cuma mau selembar-dua lembar, tapi ni mulut ga mau berenti, Barulah tanpa disadari gwe menyebut kata itu dalam hati " Alhamdulillah"..

Semuanya berawal dari coba-coba, Coba2 shalat malam, coba2 ngaji, coba2 Puasa..Lama kelamaan dikasih jawaban. Tapi sebenernya apa sih pertanyaan gwe?? Awalnya semua gwe lakuin cuma karena kewajiban semata,tapi..kok kalau itu semua gwe lakuin bikin gwe tenang dan lancar jalanin hidup yak.Mmmh...Alhamdulillah udah mulai nyadar!Cuma Hati yang bisa jawab pertanyaan2 itu.

Cobaan datang, gwe coba menyambutnya dengan Alhamdulillah..1/4 hati pengen teriak tapi bagian hati yang lain meredam karena gwe tahu Allah masih inget punya umat yang kaya gwe,Allah ga pernah ngasi gwe sesuatu yang berlebihan, Allah selalu membatasi semua itu. " CUKUP " segini dulu kesenangan duniawi yang boleh gwe nikmati, Kalo gak Bahaya!!

Alhamdulillah, sekarang si rasa males berubah jadi rasa haus..Haus Ibadah. Bahkan to do list di Handphone gwe selalu remind 'Alhamdulillah' dengan bunyi alarmnya sekalian..Hahahahaha,Cupu sih,tapi gwe pikir dr hal-hal kecil kaya gitu bisa bantu gwe buat inget terus sama Allah.

Pelan-pelan mencoba buat jadi orang yang bener, setidaknya bener buat diri sendiri dulu dan bener buat ibu gw. Karena segala hal yang baik InsyaAllah di ridhoi sama Allah..Sekarang ngumpul dengan sahabat2 pun menjadi sangat berarti karena selalu ada pembahasan mengenai " DIA ".

Semoga Rasa Syukur saya gak akan luntur..Semoga cobaan untuk saya akan selalu ada..Semoga saya tidak meninggalkan-NYA..Dan semoga Allah SWT tidak meninggalkan saya..Amin.